Vacuum Sealer Untuk Semua Jenis Plastik, Mau Tau ? Ini dia

Vacuum Sealer Untuk Semua Jenis Plastik

Vacuum sealer untuk semua jenis plastik  yang dimaksud biasanya adalah vacuum sealer mini yang berukuran kecil. Tapi tentunya ada kriteria plastik tertentu yang layak untuk pengemasan vacuum, agar produk yang dikemas bisa terlindungi lebih baik dan awet.

Vacuum Sealer Untuk Semua Jenis Plastik

Pada umumnya bahan makanan hanya tahan beberapa hari saja bila tanpa di vakum. Sedangkan jika divakum akan lebih awet 2 hingga 3 minggu. Vacuum sealer juga dapat membantu proses pengawetan makanan seperti: bakso, kerupuk, sosis, fresto, ikan, frozen food sampai beras. Bahan makanan tersebut bukan hanya awet disimpan tetapi permanen terlihat segar meski disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Mesin Vacuum Sealer berperan penting dalam industri kemasan produk makanan. Karena tanpa proses pengemasan vacuum kualitas produk makanan tersebut mulai dari rasa, bau dan tekstur akan berkurang. Keuntungan menggunakan alat pengemas vakum akan mencegah timbulnya berbagai macam bakteri yang akan tumbuh di dalam kemasan. Dengan demikian bakteri tidak akan dapat berkembang dalam produk kemasan vacuum. Itu artinya apabila dalam kemasan tidak ada kadar oksigen maka akan membuat makanan yang berada didalam kemasan produk akan tetap bersih, higienis, rapi dan membuat makanan menjadi tahan lebih lama

Vacuum sealer menjadi alat yang digunakan untuk menghampakan udara pada kemasan, bila udara tidak dihampakan maka akan menyebabkan proses dioksidasi. Dengan vacuum sealer perkembangan oksigen akan ditekan sedemikan rupa sehingga dapat menekan perkembangbiakan bakteri. Produk lebih lama di bandingkan dengan proses oksidasi alami.

 

Manfaat Penggunaan Vacuum Sealer Dalam Mengemas Produk:

  • Produk yang dikemas lebih awet. Menggunakan mesin tersebut produk dijamin lebih awet. Alasannya, karena udara di dalam kemasan lebih di-presskeluar sehingga udara tidak memiliki ruang lagi di dalam kemasan. Seperti yang kita tahu terdapat berbagai produk yang memerlukan kemasan dengan metode vacuum agar cita rasa tidak rusak, salah satunya sosis. Dengan ketiadaan udara dalam kemasan, kerusakan akibat oksidasi dapat dihilangkan sehingga produk pun dapat bertahan lama.
  • Higienis dan terhindar dari kontaminasi atau kerusakan. Terdapat berbagai bateri pembusuk di lingkungan kita. Selain berperan untuk membusukkan hewan yang sudah mati atau sayuran yang layu, bakteri tersebut dapat merusak baik makanan matang maupun makanan yang belum diolah. Bakteri juga dapat masuk ke kemasan jika terjadi kebocoran. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, kemasan yang hampa udaralah yang dapat mengatasinya. Dengan demikian produk akan terjaga tingkat kehigienisannya dan terhindar dari kontaminasi atau bakteri lainnya.
  • Produk fresh dan cita rasanya terjaga. Karena kosongnya udara di dalam kemasan produk lebih berkualitas dan terjaga kesegarannya. Produk seperti sosis atau olahan daging lainnya pun lebih segar jika menggunakan vacuum sealer dibandingkan dengan non vacuum.
  • Bisa untuk mengemas berbagai produk. Selain produk olahan daging, mesin vacuumjuga dapat digunakan untuk produk makanan lainnya, seperti keripik. Bahkan mesin ini juga dapat berperan untuk produk non makanan.
  • Pemasaran lebih luas. Produk yang dikemas menggunakan vacuumdapat dipastikan lebih tahan lama. Oleh karena itu, produk dapat disebarluaskan dengan jarak dan waktu yang jauh. Kemasan hampa udara ini tentu sangat memudahkan produsen dan distributor untuk meningkatkan penjualan produk.
  • Good Looking packaging. Langkah pertama dalam memilih konsumen biasanya dapat dilihat dari tampilan kemasan. Dengan kemasan yang menarik dan exclusive dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memanfaatkan produk. Sebaliknya, jika kemasan tidak memiliki nilai jual, konsumen tidak akan melirik sedikit pun.

Household-Vacuum-Sealer-DZ-290A-Black-Edition

Mengenal Tipe Mesin Vacuum Sealer

  • DZ-280A || DZ-300A : untuk skala rumah tangga dan UKM pemula. Bisa mengseal plastik dengan lebar s/d 28cm. DZ-300A dilengkapi tabung untuk menampung cairan atau partikel yang tersedot dalam proses penvakuman.
  • HVC-260T || DZ-400/2T : Mesin Vakum yang sudah mengadopsi sistem vakum pump. Modelnya yang compact, menjadikannya hemat tempat.
  • DZ-400/2E || DZ-500/2E : Mesin Vakum yang terlaris untuk usaha yang butuh proses penvakuman secara rutin. Dilengkapi dengan roda sehingga mudah dibawa-bawa.
  • DZ-510/2S : Mesin Vakum double chamber . Output menjadi 2X lebih banyak karena operator dapat meload produk ketika chamber satunya sedang dalam proses penvakuman. Tutup vakum dari stainless steel solid menjadikannya tidak mudah pecah. Tipe 2SB memiliki meja vakum datar sehingga mudah dibersihkan.
  • DZ-800/2L || DZ-1100/2L : Mesin Vakum dengan chamber yang besar, dan seal bar 2 biji, satu pendek dan satu panjang , cocok untuk menvakum produk dengan ukuran jumbo.
  • DZQ-800L || DZ-800W : Menggunakan proses penvakuman sedot external, cocok untuk produk yang sangat besar dan berat.
  • HVB-1020F : Mesin vakum continuous dengan conveyor berjalan dan proses penvakuman otomatis, menghasilkan output yang besar.
  • Q – Nitrogen : Cocok untuk makan yang mudah remuk seperti keripik, karena setalah proses penvakuman, plastik akan diisi gas nitrogen, menjadikannya menggelembung dan tidak menghancurkan produk di dalamnya.

Jenis Plastik Vacuum Sealer

Terdapat berbagai jenis plastik vacuum sealer yang digunakan untuk mengemas produk. Selain untuk meningkatkan efisiensi, kemasan kedap udara juga bisa digunakan sebagai identitas suatu produk serta menambah daya tarik konsumen. Berikut ini jenis-jenis kemasan udara. plastik yang tebal membuatnya bisa menahan air panas dari termos air panas ketika dituangkan.

  • Kemasan Vacuum Bag Three Side Seal

Vacuum Bag Three Side Seal adalah kemasan kedap udara dengan tiga sisi bagian yang diberi perekat atau seal. Kemasan ini sangat efektif untuk mengemas berbagai macam produk, oleh karena itu jenis ini cukup populer diantara para pelaku usaha. Produk-produk yang biasanya menggunakan kemasan kedap udara Vacuum Bag Three Side Seal yaitu : makanan ringan, makanan beku, sosis, beras dan gula.

  • Kemasan Vacuum Bag Center Seal

Vacuum Bag Center Seal adalah kemasan kedap udara yang diberi perekat atau seal pada bagain tengah saja, agar mempermudah untuk membuka kemasan. Kelebihan kemasan jenis ini sama dengan  kemasan Vacuum Bag Three Side Seal. Dalam hal kepraktisan atau mudah dibawa, efisien dalam display dan penyimpanan. Produk-produk yang biasanya menggunakan kemasan kedap udara Vacuum Bag Center Seal yaitu : roti, kopi, garam dan deterjen.

  • Kemasan Vacuum Bag Gusset

Vacuum Bag Gusset adalah salah satu kemasan plastik kemasan vakum yang paling tua. Kemasan ini biasa digunakan oleh beragam industri, kemasan ini memiliki lekukan pada sisi kemasan. Produk-produk yang menggunakan kemasan kedap udara ini yaitu : pupuk, makanan hewan peliharaan, produk kue.

Standing Pouch Vacuum adalah kemasan kedap udara modern yang didesain agar dapat berdiri ketika diletakkan di rak. Produk-produk yang menggunakan kemasan kedap udara ini yaitu : minyak, makanan ringan dan produk cair lainnya.

subcat banner vacuum sealer

Demikian pembahasannya tentang vacuum sealer untuk semua jenis plastik yang biasa digunakan dalam bisnis produksi makanan perihal pengemasan. Sangat berperan sekali dalam pengemasan makanan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.