Kemasan UKM Terasa Kurang Menarik, Pengusaha Merugi

Kemasan UKM – Tak bisa di pungkiri lagi jika kini yang namanya produksu usaha kecil dan menengah (UKM) dibidang makanan dan minuman semakin meraja lela, namun ternyata semua itu hanyalah sebagian kecil saja yang bisa menikmatik buah manis dari usahanya.

Mesin Packing

Ternyata daya beli konsumen terhadap produk UKM masilah rendah! Padahal bisa dibilang potensi bisnis UKM itu sangatlah besar mengingat bahwa kekuatan ekonomi nasional terletak pada konsumsi dalam negeri yang tinggi. Pemain industri besar di sektor makanan minuman jumlahnya bisa dibilang hanya 0.5% di banding UKM, maka bisa dibilang untuk sisanya masih terbuka ceruk pasar yang amat luas untuk di garap para pelaku industri makanan dan minuman oleh pebisnis UKM.

Sebenarnya masalah klasik yang kerap menimpa para pelaku industri kecil (UKM) tak lain adalah masalah Pemasaran dan Promosi ke pada khalayak ramai. Terkadang masalah tak hanya berhenti sampai di situ, salah satu yang menjadi penyebab kurang mampu bersaingnya makanan dan minuman lokal UKM terletak pada cara pengemasannya yang di anggap kurang menarik.

Jika pebisnis swasta hingga impor menggunakan strategi berbisnis Packing & Promotions, tetapi tidak pada pengusaha UKM..Tingginya cost yang di keluarkan adalah salah satu alasan mengapa para pelaku bisnis makanan dan minuman UKM tak mau jor-joran untuk urusan bahan kemasan. Memang sudah hukumnya jika Kemasan UKM kurang menarik maka sudah di pastikan jika produk UKM tersebut akan mati secara perlahan dan gulung tikar, maka tak pelak yang namanya kemasan menjadi suatu mimpi buruk tersendiri bagi para pengusaha UKM.

Minimnya pemahaman mengenai kemasan produk dan bagaimana cara pengemasan yang baik di kalangan para pelaku UKM. Mereka masih kurang paham dalam hal pemasaran, marketing serta bentuk kemasan barang dagangan.

Untuk menanggulangi hal tersebut sebenarnya harus ada upaya konkrit dari pemerintah daerah setempat demi tercapainya pengusaha UKM yang sejahtera yang merata. Perlu adanya edukasi dan ilmu dasar oleh para pelaku UKM mengenai cara berbisnis, marketing produk hingga mengemas produk secara tepat merupakan salah satu solusi jangka panjang yang harus di tawarkan, sehingga kedepannya para pelaku UKM tak hanya bisa membuat dan memproduksi makanan dan minuman semata, tetapi para produsen bisa lebih mengerti apa yang di inginkan dan di sukai oleh konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 + five =